Sabtu, 17 Agustus 2019, BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta mengadakan upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Upacara yang dipimpin oleh Kepala Auditorat VA, Dede Sukarja, yang bertindak sebagai Pelaksana Harian Kepala Perwakilan diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta dan juga seluruh pegawai di lingkungan Badan Diklat Yogyakarta BPK RI.

Tema Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 adalah SDM Unggul Indonesia Maju. Dalam pidato Ketua BPK RI yang disampaikan oleh Dede Sukarja, sehubungan dengan pembangunan SDM unggul, BPK turut membangun SDM-nya dengan peningkatan kompetensi melalui inisiatif strategis talent pool pada Renstra BPK. BPK telah menyetujui pengembangan talent pool dan diimplementasikan pada semester II tahun 2019 untuk pejabat administratif (Eselon 3). Hal ini harus dilanjutkan dengan implementasi sistem merit pada Renstra 2020-2024 yang akan datang. Ketua BPK RI mengharapkan dan menekankan agar seluruh pegawai BPK senantiasa bekerja dengan kompak, bersinergi, penuh semangat, dan tetap memegang teguh integritas, independensi, serta profesionalisme untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan.

Peringatan kemerdekaan ini juga diisi dengan penganugerahan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berupa Satya Lancana Karya Satya (SLKS) kepada pegawai BPK RI yang telah mengabdi kepada negara selama 20 dan 10 tahun.