Rencana Strategis BPK 2020-2024

Rencana Strategis (Renstra) BPK 2020-2024 merupakan kelanjutan dari Renstra BPK 2016-2020, sehingga kondisi pencapaian Renstra sampai dengan tahun 2020 menjadi salah satu pertimbangan penyusunan Renstra ini. Periode penyusunan Renstra BPK 2020-2024 ini menyesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk memudahkan dalam penyusunan arah kebijakan pemeriksaan dan tata kelola organisasi selama lima tahun ke depan dengan menyelaraskan agenda pembangunan nasional dan merespon dampak bencana pandemi COVID-19.Hal ini merupakan langkah BPK agar hasil pemeriksaan BPK nantinya dapat bermanfaat untuk pengambilan keputusan oleh lembaga perwakilan, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam rangka mencapai tujuan negara.

Renstra BPK 2016-2020 disusun dengan melibatkan seluruh jajaran di lingkungan BPK. Oleh karena itu, keberhasilan dari Renstra ini ditentukan oleh peran aktif dari seluruh jajaran di lingkungan BPK untuk mengimplementasikannya dan mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran strategis serta target-target pengukurannya.

Kondisi yang diharapkan dalam Renstra BPK 2020-2024 terkait dengan peningkatan peran BPK dalam mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara. Peningkatan tersebut dilakukan dengan peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan serta peningkatan mutu kelembagaan BPK modern yang memanfaatkan sistem dan teknologi informasi.

VISI

Menjadi Lembaga Pemeriksa Terpercaya yang Berperan Aktif dalam Mewujudkan Tata Kelola Keuangan Negara yang Berkualitas dan Bermanfaat untuk Mencapai Tujuan Negara

MISI

  1. Memeriksa tata kelola dan tanggung jawab keuangan negara untuk memberikan rekomendasi, pendapat, dan pertimbangan;
  2. Mendorong pencegahan korupsi dan percepatan ganti kerugian negara;
  3. Melaksanakan tata kelola organisasi yang transparan dan berkesinambungan agar menjadi teladan bagi institusi lainnya.

TUJUAN STRATEGIS

Meningkatnya tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat

SASARAN STRATEGIS

Meningkatnya pemanfaatan rekomendasi, pendapat, dan pertimbangan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara serta penyelesaian ganti kerugian negara yang didukung tata kelola organisasi berkinerja tinggi

ARAH KEBIJAKAN DAN STRATEGI KELEMBAGAAN

Arah kebijakan adalah kebijakan yang akan ditempuh dalam rangka mencapai SS yang telah ditetapkan sehingga tujuan strategis tercapai. Sehubungan dengan hal tersebut, BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta berkomitmen untuk mendukung ketiga arah kebijakan BPK yang disebutkan secara spesifik dalam Renstra BPK 2016-2020 sebagai berikut:

Arah Kebijakan 1: Peningkatan Relevansi Pemeriksaan dengan Kebutuhan dan Harapan Pemangku Kepentingan

  • Strategi 1.1 Meningkatkan Kualitas Perencanaan Pemeriksaan
  • Strategi 1.2 Meningkatkan Kualitas Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) dan Kerugian Negara

Arah Kebijakan 2: Peningkatan Keunggulan Operasional dalam Pemeriksaan dan Kelembagaan

  • Strategi 2.1 Meningkatkan Kualitas Hasil Pemeriksaan

Arah Kebijakan 3: Pengembangan dan Optimalisasi Sumber Daya

  • Strategi 3.1 Meningkatkan Kualitas Organisasi di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta
  • Strategi 3.2 Meningkatkan Kompetensi Pegawai di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta
  • Strategi 3.3 Meningkatkan Kinerja Anggaran di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta

NILAI-NILAI DASAR

Pencapaian cita-cita yang tertuang di dalam visi dan misi akan dilaksanakan oleh seluruh pegawai dengan berlandaskan pada nilai-nilai dasar sebagai berikut:

Integritas
Kami membangun nilai integritas dengan bersikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan

Independensi
Kami menjunjung tinggi independensi, baik secara kelembagaan, organisasi, maupun individu. Dalam semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan pemeriksaan, kami bebas dalam sikap mental dan penampilan dari gangguan pribadi, ekstern, dan/atau organisasi yang dapat mempengaruhi independensi

Profesionalisme
Kami membangun nilai profesionalisme dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan, serta berpedoman kepada standar yang berlaku

 

RENCANA STRATEGIS BPK

  1. Rencana Strategis BPK 2020-2024 [Unduh]
  2. Rencana Strategis BPK 2016-2020 [Unduh]
  3. Rencana Strategis BPK 2011-2015 [Unduh]
  4. Rencana Strategis BPK 2006-2010 [Unduh]

RENCANA STRATEGIS BPK PERWAKILAN PROVINSI DIY

  1. Rencana Strategis BPK Perwakilan Provinsi DIY 2016-2020 [Unduh]