Anggota V BPK, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA berkesempatan memberikan Pembekalan dengan judul “Kapita Selekta Keuangan Negara dan Badan Pemeriksa Keuangan” bagi Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara di Yogyakarta pada Jumat, 14 Februari 2020 di Gedung Sabang Merauke. Pembekalan ini dihadiri pula oleh Gubernur AAU, Marsekal Muda TNI Nanang Santoso, perwira, dosen serta seluruh staf AAU. Hadir dari BPK yaitu Auditor Utama Keuangan Negara I, Heru Kreshna Reza, Kepala Badiklat PKN, Hery Subowo, Kepala Perwakilan DIY, V.M. Ambar Wahyuni dan seluruh pejabat BPK Perwakilan DIY dan Balai Diklat DIY.

Dalam sambutan pembukaan pembekalan ini, Gubernur AAU menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Anggota V BPK beserta jajarannya atas kehadirannya dan perkenannya dalam menyampaikan materi pembekalan kepada 681 peserta mengenai keuangan negara karena seluruh taruna/i, perwira serta staf di AAU akan berperan aktif dalam pengelolaan keuangan negara.

Anggota V, Prof. Bahrullah Akbar menyampaikan tiga poin penting yaitu gambaran umum BPK secara keseluruhan dalam tatanan pengelolaan keuangan negara, konsep keuangan negara termasuk tugas BPK sebagai lembaga pemeriksa eksternal pemerintah, dan yang terakhir adalah mengenai aspek “value for money” dalam mengelola keuangan negara untuk pelayanan publik yang bertujuan untuk peningkatan efektivitas, peningkatan mutu, penurunan biaya dan peningkatan alokasi belanja yang berorientasi pada kepentingan publik.