BPK Jogja Menyerahkan LHP Kepatuhan dan Kinerja di Wilayah Provinsi DIY

YOGYAKARTA – Humas BPK Jogja, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Widhi Widayat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kepatuhan dan Kinerja pada wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada, Rabu (3/01) bertempat di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi DIY.

LHP yang diserahkan yaitu Pemeriksaan Kepatuhan dan Kinerja pada Pemerintah Daerah D.I. Yogyakarta, Pemeriksaan Kinerja Efektivitas Penyelenggaraan Sistem BLUD untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan pada RSUD Panembahan Senopati dan RSUD Wonosari, serta Pemeriksaan Kinerja Efektivitas Pemajuan dan Pelestarian Kebudayaan pada Pemerintah Kabupaten Sleman.

Hadir dalam penyerahan Ketua DPRD Provinsi DIY Nuryadi, Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X, Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman Arif Kurniawan, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Direktur RSUD Panembahan Senopati dan Direktur RSUD Wonosari serta jajaran OPD se Wilayah DIY.

Widhi Widayat menyampaikan bahwa pemeriksaan kepatuhan dan pemeriksaan kinerja ini dilakukan berdasarkan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN). Standar tersebut mengharuskan BPK merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan agar memperoleh keyakinan memadai mengenai kinerja entitas. BPK yakin bahwa pemeriksaan tersebut memberikan dasar memadai untuk mengungkapkan temuan pemeriksaan, serta memberikan kesimpulan dan rekomendasi.

“Dalam kesempatan ini perlu kami ingatkan bahwa sesuai ketentuan dalam Pasal 20 Undang- Undang Nomor 15 Tahun 2004, dan demi efektifnya hasil pemeriksaan BPK, maka kami mengharapkan agar Pemda segera menindaklanjuti rekomendasi BPK selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima”, terang Widhi.

Ketua DPRD mengucapkan terima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi DIY dan seluruh pihak terkait atas kerja kerasnya dalam melakukan pemeriksaan kinerja. “Kami dari DPRD DIY bersama Pemda DIY mengajak semua pihak untuk lebih bekerja keras dan saling mendukung dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan transparan dan penuh tanggung jawab demi penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik” tegasnya.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPK Perwakilan DIY, yang telah mendedikasikan waktu untuk melaksanakan pemeriksaan dan penyerahkan LHP. Wakil Gubernur memandang Kerjasama antara Pemda se-DIY dengan BPK mencerminkan nilai strategis ‘saiyeg saeka praya’ seiring tekad “Tatas, Tutus, Titis, Titi lan Wibowo” dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat. (dr)

 702 total views,  4 views today