Anggota V BPK serahkan LHP LKPD kepada Kota Jogja dan Sleman

YOGYAKARTA – Humas BPK Jogja, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2023 kepada Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudiyatmoko dan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo serta Ketua DPRD Kabupaten Sleman Haris Sugiharta  dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, di Auditorium Balai Diklat Yogyakarta, Jumat (8/3).

Pemeriksaan atas LKPD merupakan pemeriksaan mandatory yang dilaksanakan oleh BPK setiap tahun sebagai kewajiban untuk memenuhi amanat yang ditetapkan oleh UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Anggota V BPK Ahmadi Noor Supit, sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Sleman karena menjadi pemerintah daerah pertama di Indonesia yang menyerahkan LKPD unaudited tahun 2023 kepada BPK pada tanggal 12 Januari 2024. Hal ini menjadikan momen penyerahan hasil pemeriksaan BPK atas LKPD ini sebagai yang pertama di seluruh Indonesia untuk tahun ini.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan serta pelaksanaan rencana aksi dari tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan sebelumnya, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk tahun 2023 kepada Laporan Keuangan Pemerintah Kota Yogyakarta ke-15 secara berturut-turut dan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Sleman ke-13 kalinya,” jelas Anggota V BPK, pada kegiatan yang dihadiri oleh Auditor Utama Keuangan Negara V Slamet Kurniawan, Kepala BPK Perwakilan Provinsi DIY Widhi Widayat, serta para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BPK dan Pemerintah Daerah.

Ketua DPRD Kota Yogyakarta menyatakan capaian pengelolaan keuangan Pemkot Yogyakarta merupakan proses panjang yang selama ini juga secara terbuka berkonsultasi dengan BPK, dalam mempertanggung jawabkan pengelolaan keuangan kepada masyarakat.

Bupati Sleman mengucapkan terima kasih kepada BPK atas pendampingan dan asistensi dalam penyusunan laporan dan pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Sleman.

“Pemerintah Kabupaten Sleman tentu terus berupaya untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan daerah sehingga berhasil mewujudkan pengelolaan anggaran yang efektif dan efisien,” jelas Bupati. (dr)

 668 total views,  2 views today