BPK TERIMA KUNJUNGAN KERJA DPD RI DI BPK PERWAKILAN PROVINSI DIY

Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Bapak Agus Joko Pramono memimpin acara pertemuan dengan Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di kantor BPK Perwakilan DIY, pada Senin  (23/11). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka Pembahasan Hasil Pemeriksaan BPK RI Semester I Tahun 2020 dan perkembangan pemeriksaan terhadap pengelolaan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta bantuan Covid-19. Hadir dalam acara ini Ketua Komisi IV DPD RI, H. Sukiryanto, Wakil Ketua Komisi IV DPD RI, Chasytha A. Kathmandu, dan para Anggota Komisi IV DPD RI.

Ketua Komite IV DPD RI Sukiryanto memaparkan beberapa poin yang menjadi pokok yang menjadi pokok pembahasan dalam kunker, memperoleh nformasi bagaimana perkembangan pemgelolaan keuangan daerah di provinsi Yogyakarta, yang meliputi perkembangan opini, tindak lanjut rekomendasi, pemantauan penyelesaian ganti kerugian negara/daerah, serta temuan-temuan pemeriksan yang signifikan.

Wakil ketua BPK RI dalam rapat tersebut menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh tim Komisi IV DPD RI diantaranya pemberian opini BPK RI didasarkan kesesuaian laporan dengan standar akuntansi yg ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua BPK RI didampingi oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi DIY, Jariyatna, Kepala Biro Sekretariat Pimpinan BPK, serta Kepala Subauditorat DIY, dan Ketua Tim Senior.

Sementara itu Wakil Ketua BPK juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Komisi IV DPD RI di Perwakilan Provinsi DIY, kemudian dilanjutkan dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh anggota DPD, selain itu disampaikan juga bahwa opini BPK didasarkan kesesuaian antara laporan keuangan yang dibuat dengan standar akuntansi yang disusun yang telah disesuaikan dengan pemerintah, demikian kata Wakil Ketua.

Perlu adanya sinergi antara BPK dan DPD yang memahami kejadian real di masyarakat dalam mengatasi keuangan di Republik ini, sehingga bisa saling bertukar informasi. Demikian ungkap Wakil Ketua BPK dalam mengakhiri pertemuan ini.