“Optimalisasi Media Sosial dan Komunikasi Efektif pada Humas BPK di Era Digital” merupakan tema Rapat Koordinasi (Rakor) Humas BPK Tahun 2018 diselenggarakan di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (12/03). Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan melakukan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya Rakor Humas 2018.

Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal BPK mengatakan “Meningkatnya penggunaan media sosial saat ini membutuhkan kecerdasan dan sikap bijak agar komunikasi yang efektif dan produktif tetap bisa tercipta. Jangan sampai media sosial yang ada malah menjadi ajang menyebar hoax ataupun fake news yang justru berbuah negatif pada pribadi, lembaga, dan utamanya pada masyarakat”

Ketua Panitia yang juga Kepala Biro Humas BPK, R. Yudi Ramdan dalam laporannya mengatakan “Tema Optimalisasi Media Sosial dan Komunikasi Efektif pada Humas BPK di Era Digital sangat relevan karena era digital dan tren meningkatnya penggunaan media sosial melahirkan konsekuensi pada kerjasama kehumasan di BPK. Perubahan ini menuntut para pelaksana kehumasan di BPK untuk mengadopsi pemahaman, nilai-nilai serta cara kerja yang lebih sesuai dengan tuntutan jaman”.

Salah satu pembicara dalam rakor tersebut, Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Henri Subianto menjelaskan “Media sosial menyatukan orang-orang sepaham menjadi kelompok yang saling membenarkan sekaligus menciptakan segregasi berdasarkan pandangan dan emosi “.

Rapat Koordinasi (Rakor) Humas BPK Tahun 2018 diikuti oleh para Kepala Sekretariat Perwakilan, Kepala Subbagian Humas seluruh Indonesia dan staf humas. Turut hadir dalam pembukaan rakor tersebut Kepala Perwakilan D.I Yogyakarta, Yusnadewi beserta jajarannya.