Bertempat di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta pada hari Selasa tanggal 7 November 2017 diadakan Sosialisasi Jurnalku dan Si-Ringkas PD, yang dibuka oleh Kepala Perwakilan, Yusnadewi. Sebagai pembicara Jurnalku dipaparkan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Ari Wibowo sedangkan terkait Si-Ringkas PD disampaikan oleh Kepala Subbagian Keuangan, Muhammad Hasbi Ash-Siddiqqi.

Dalam sambutannya Yusnadewi antara lain menyampaikan “Jurnalku dan Si-Ringkas PD ini terkait proyek perubahan yang sedang dilakukan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan dan Kasubag Keuangan, diberlakukan bagi seluruh pegawai guna meningkatkan kinerja pegawai, khususnya terkait administrasi SKP dan SPJ perjalanan dinas”.

Ari Wibowo dalam pemaparan sosialisasi aplikasi Jurnalku mengatakan “Aplikasi Jurnalku ini adalah wujud digitalisasi catatan harian pegawai melalui portal perwakilan yang bermanfaat membantu menyusun SKP dengan cepat berdasar hasil rekaman setiap hari atas pekerjaan yang telah dilakukan, sehingga akan tersusun SKP secara elektronis yang cepat dan akurat. Aplikasi ini dapat menilai kinerja pegawai secara objektif. Langkah-langkah pengisian Jurnalku dapat dibuka di portal Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta pada laman https://portal.bpk.go.id/sites/diy/Pages/landing2017.aspx”.

Selain Aplikasi Jurnalku Portal Perwakilan ini juga terdapat aplikasi Si-Ringkas PD. Muhammad Hasbi Ash-Siddiqqi dalam pemaparannya mengatakan “Si-Ringkas PD adalah Sistem Informasi Monitoring dan Notifikasi Perjalanan Dinas. Adapun manfaatnya adalah untuk memudahkan monitoring pelaksanaan perjalanan dinas, memberikan notifikasi batas akhir SPJ jadi setiap pegawai yang telah melakukan perjalanan dinas akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail BPK serta memanfaatkan portal Perwakilan dan e-mail BPK.

Aplikasi ini dikelola oleh petugas pengelola Tata Usaha di Subbag Humas TU Kepala Perwakilan bekerja sama dengan petugas penguji Surat Pertanggung Jawaban di Subbag Keuangan.Tujuan SI-Ringkas PD adalah untuk memudahkan semua pegawai dalam memonitor Surat Tugas dan pertanggungjawabannya”.

Sosialisasi Jurnalku dan Si-Ringkas PD diikuti oleh para pejabat dan pegawai dilingkungan BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta.