Parenting adalah proses pembelajaran pengasuhan interaksi antara orang tua dan anak yang meliputi aktivitas memberi petunjuk, memberi makan, memberi pakaian, melindungi anak saat mereka tumbuh berkembang. Dharma Wanita Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 20 September 2017 bertempat di Auditorium mengadakan Seminar Parenting dengan tema “Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak”, selaku pembicara Rieka Apriani dari TK dan Playgrup Kreatif Primagama.

Seminar tersebut dibuka oleh Lia Ari Wibowo selaku Ketua Dharma Wanita Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam sambutannya Ketua Dharma Wanita Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan “Sebagai orang tua kita harus memantau kegiatan anak kita. Penggunaan gadget oleh anak-anak ada dampak positif dan negatifnya. Tujuan seminar ini adalah agar kita selalu dapat mengarahkan dan mengawasi anak-anak kita dari pengaruh negatif gadget”. Sedangkan pembicara menjelaskan “Stop penggunaan gadget ketika makan bersama, berkendara, menonton TV, beribadah dan bertamu. Orang tua harus menjadi teladan, tidak bermain gadget dihadapan anak apalagi sibuk bermain gadget saat anak ingin berkomunikasi. Tanamkan aturan yang tegas dan lakukan pengawasan dalam penggunaannya. Efek negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan antara lain: mengurangi aktivitas gerak, rutinas terganggu (malas makan, mandi,  malas sekolah, lalai tugas sekolah dan pekerjaan rumah menumpuk), rentan terkena obesitas, jantung prematur, pola tidur terganggu, kelelahan mata dan penglihatan kabur”.

Hadir dalam seminar parenting  tersebut sebanyak 42 peserta dari  Pengurus Dharma Wanita, karyawati BPK Perwakilan DIY dan Balai Diklat Yogyakarta. Acara ditutup dengan foto bersama.