Kunjungan Industri adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengunjungi sebuah perusahaan atau instansi yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran pekerjaan yang akan dilakukan oleh siswa atau peserta didik. Dalam kunjungan industri, siswa diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja, bagaimana cara dapat bekerja dibidang tersebut serta apa tugas dan fungsi perusahaan atau instansi yang dikunjungi.

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi D. I Yogyakarta pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017 mendapat kesempatan sebagai tempat kunjungan industri siswa-siswi SMK Al-Madani Kepil Wonosobo. Sebanyak 29 siswa-siswi dan 3 orang guru pendamping yang dipimpin oleh Arief Sukirman ikut serta dalam kunjungan industri tersebut. Teguh Srihasto selaku Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan dan Nurochman selaku Kepala Subbagian Umum dan Teknologi Informasi menerima kunjugan serta memberikan penjelasan terkait Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi D. I Yogyakarta.

Pimpinan rombongan kunjungan industri dalam sambutannya menyampaikan ”Belajar tidak hanya dilakukan di ruangan kelas saja, tapi bisa dilakukan di luar kelas seperti pada saat ini kita melakukan kunjungan industri di Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi D. I Yogyakarta. Dengan kunjungan ke BPK ini sangat berguna bagi siswa-siswi SMK Al-Madani khususnya jurusan akuntansi karena BPK merupakan soko guru keuangan negara, apabila tidak ada BPK maka tidak ada yang mengontrol keuangan negara. Oleh karena tanyakan segala hal tentang keuangan negara, kita timba ilmu sebanyak-banyaknya dari BPK”.

Sedangkan Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan menjelaskan hal- hal terkait BPK khususnya BPK Perwakilan Provinsi D. I Yogyakarta “Dalam menjalankan tugasnya, ada tiga jenis pemeriksaan yang dilaksanakan oleh BPK, yaitu: pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Tugas BPK Perwakilan Provinsi D. I Yogyakarta adalah  memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah pada Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunung Kidul, serta BUMD”.

Dalam kegiatan kunjungan industri tersebut diberikan doorprize bagi siswa-siswi yang bertanya dan yang dapat menjawab pertanyaan tentang BPK. Acara diakhiri dengan foto bersama.