HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus selalu diwarnai dengan perayaan di seluruh daerah di Indonesia. Berbagai persiapan pun dilakukan menjelang 17 Agustus, mulai dari menghiasi lingkungan dengan berbagai atribut khas 17-an, memasang bendera dan umbul-umbul di depan rumah, pertokoan, perkantoran dan sekolah-sekolah, hingga mempersiapkan berbagai lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan di seluruh pelosok Indonesia. Selain upacara bendera, perayaan 17 Agustus juga identik dengan berbagai lomba yang diadakan sebagai kemeriahan dan keakraban. Biasanya warga di setiap daerah berkumpul di lapangan untuk menggelar berbagai perlombaan.

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 72  tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak ketinggalan menghias kantor dengan memasang umbul-umbul dan bendera merah putih yang dilakukan mulai tanggal 1 Agustus 2017. Selanjutnya diadakan perlombaan untuk memeriahkan hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia tersebut. Lomba yang diadakan yaitu senam, lari karung, lari kelereng, makan kerupuk, lempar balon, sepeda lambat dan sepakbola sarung.

Perlombaan dibuka oleh Nur Miftahul Lail selaku Plh. Kepala Perwakilan didampingi Agustinus Triyonojati selaku Ketua Panitia Perlombaan. Dalam sambutannya Plh. Kepala Perwakilan mengatakan “Para pegawai harus memiliki motto Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas. Acara perlombaan ini menjadi bagian dari motto tersebut dan diharapkan meningkatkan kebersamaan dalam rangka mewujudkan Perwakilan DIY yang lebih baik. Mari jadikan kantor kita sebagai rumah ke 2 yang nyaman dan damai agar kebersamaan ini menjadikan kita sebagai pegawai yang unggul”.

Sementara itu Ketua Panitia mengatakan “Sesuai dengan logo HUT ke-72 RI yang mengusung tema Indonesia Kerja Bersama yg menjadi representasi semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, maka sengaja pada kesempatan ini, jenis-jenis lomba yang diadakan yakni mengacu pada kebersamaan dan gotong royong, sehingga perlombaan yang diadakan sebagian besar dilakukan secara kelompok.”

Perlombaan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 72 ini diikuti oleh seluruh pegawai Perwakilan DIY dan Balai Diklat Yogyakarta.