BPK Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 21 Juli 2017 menerima kunjungan The Parliament of the Czech Republic and Supreme Audit Office of the Czech Republic (NKU). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari acara kunjungan ke BPK RI dan DPR RI di Jakarta tanggal 17 s.d 22 Juli 2017. Ketua delegasi Republik Ceko dipimpin oleh Member of the Chamber of Deputies of the Czech Parliament, Jan Bartošek. Kedatangan delegasi pada BPK Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta diterima oleh Anggota V BPK RI, Isma Yatun dan Kepala Perwakilan, Yusnadewi.

Pertemuan dengan The Parliament of the Czech Republic and Supreme Audit Office of the Czech Republic (NKU) dibuka oleh pemaparan Anggota V BPK RI yang menjelaskan tentang tugas BPK RI “Tugas BPK RI salah satunya adalah memeriksa pengelolaan dan  tanggungjawab  keuangan  negara dan menyerahkan hasil pemeriksaan kepada DPR, DPD dan DPRD. Sedangkan jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK ada tiga yaitu Pemeriksaan Keuangan, Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu”.  Selain itu Anggota V BPK RI menjelaskan tentang tugas Auditorat Keuangan Negara V.

Selanjutnya Kepala Perwakilan Yogyakarta, Yusnadewi menjelaskan “BPK Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan bagian dari Auditorat Keuangan Negara V yang mempunyai wilayah pemeriksaan sebanyak 6 entitas yang terdiri dari 1 provinsi, 1 kota dan 4 kabupaten. BPK Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta mempunyai tugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah pada Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta, kota/kabupaten di Provinsi D.I. Yogyakarta, BUMD dan lembaga terkait di lingkungan entitas, termasuk melaksanakan pemeriksaan yang ditugaskan oleh AKN V.”

Ketua Delegasi Repulik Ceko, Jan Bartošek menyatakan, “Kami sangat terkesan dengan Indonesia yang mempunyai wilayah begitu luas serta pemeriksaan oleh BPK yang mampu mencakup seluruh daerah di Indonesia.”

Turut hadir dalam pertemuan tersebut  Ms. Zdena Hornikova (Vice President of NKU), Yudi Ramdan (Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional), Hery Subowo (Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Tengah) serta para pejabat struktural di lingkungan BPK Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta

Kegiatan Delegasi Ceko dilanjutkan pertemuan dengan DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan tanggal 22 Juli 2017 mengunjungi Museum BPK dan Candi Borobudur.