Jumat, 20 Mei 2016, Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi D.I.Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 108. Upacara tersebut diselenggarakan pada Halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi DIY.

Upacara dipimpin oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Hardinah, yang bertindak sebagai Pembina Upacara dan Kepala Sub Bagian Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan, Teguh Srihasto, sebagai Komandan Upacara, serta diikuti oleh seluruh Pegawai pada Perwakilan Provinsi DIY.

Dalam sambutannya, Pembina Upacara menyampaikan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Amanat tersebut menekankan pentingnya komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengingat setelah sekian lama berdiri sebagai bangsa, ancaman dan tantangan akan keutuhan NKRI tak selangkahpun surut.

Tema yang diangkat dalam peringatan hari kebangkitan Nasonal tahun 2016 ini adalah “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter”. Dengan tema ini, ingin ditunjukkan bahwa tantangan apapun yang dihadapi saat ini harus dijawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter.

Dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, kita diajak untuk memperbarui semangat Trisakti, yaitu: berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan, sehingga bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional.

243