IMG_5879Yogyakarta, Senin 20 April 2015 Sekretaris Jenderal BPK RI, Hendar Ristriawan melakukan pembukaan diklat CPNS tahun 2015 di Balai Diklat Yogyakarta didampingi oleh Kepala Perwakilan, Parna, Kepala Balai Diklat, Astilda Sinabutar dan para pejabat struktural di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada saat yang sama Diklat CPNS Golongan III Tahun 2015 secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua BPK RI, Sapto Amal Damandari  di Auditorium Pusdiklat BPK RI Kalibata.

  Pelaksanaan rangkaian diklat bagi CPNS ini menjadi sangat strategis mengingat CPNS merupakan aset penting BPK dan menentukan kualitas organisasi BPK masa depan. BPK RI bertekad untuk meningkatkan kompetensi CPNS Tahun 2105 melalui serangkaian diklat yang terdiri atas Diklat Orientasi Ke-BPK-an, Diklat Prajabatan, Diklat Pembentukan JFP, Diklat peran ATY, Diklat LKPD dan Diklat Teknologi Informasi. Diklat CPNS ini merupakan diklat pertama bagi para CPNS dalam rangka pembentukan pola kerja, budaya, karakter, dan kompetensi, termasuk mengidentifikasi bakat, minat, dan kecenderungan personal setiap CPNS.

 Diklat CPNS yang salah satunya merupakan Diklat Prajabatan Golongan III, mengikuti pola diklat prajabatan yang baru sesuai Peraturan Kepala LAN (Perkalan) No. 38 Tahun 2014. Untuk mencapai kompetensi CPNS sesuai dengan peraturan tersebut, maka diklat CPNS kali ini terdiri atas dua tahap yakni tahap internalisasi nilai-nilai dasar PNS dan tahap aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS.