Keluarga Besar BPK RI Ziarah ke Makam Sultan HB IX

09/01/2014 – 20:19

18Yogyakarta, Kamis (9 Januari 2014) Keluarga Besar Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) melakukan ziarah ke makam Sri Sultan HB IX di Makam Raja Mataram Imogiri, Bantul. Rombongan BPK RI dipimpin Anggota II BPK RI, Sapto Amal Damandari dan diterima oleh Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Jayaningrat yang merupakan wakil dari keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Dalam sambutannya, Sapto Amal Damandari menyampaikan bahwa Alm. Sri Sultan Hamengku Buwono IX dikenal sebagai tokoh nasional mulai dari zaman pergerakan kemerdekaan Indonesia sampai dengan zaman pemerintahan Orde Baru. Berbagai jabatan dalam pemerintahan pernah disandangnya, mulai dari Kepala Daerah, berbagai jabatan menteri, dan pada puncaknya, menjadi Wakil Presiden RI ke-2 periode bulan maret 1973 s.d. bulan maret 1978. Diantara berbagai jabatan yang pernah disandang Alm. tersebut, beliau pernah menjabat sebagai Ketua BPK periode November 1963 s.d. Agustus 1964.

Walaupun hanya menjabat sebagai ketua BPK kurang dari satu tahun, telah banyak sumbangsih yang telah diberikan  Alm. untuk kemajuan dan perkembangan BPK sebagai Lembaga Tinggi Negara yang berwenang melaksanakan pemeriksaan atas keuangan negara sehingga kemajuan dan perkembangan tersebut masih dapat kita rasakan hingga saat ini.” Demikian tegas Sapto Amal Damandari mengakhiri sambutannya. Acara dilanjutkan dengan dzikir dan doa bersama di makam Sri Sultan Hamengku Buwono IX.