Penyerahan LHP Kinerja APIP Pemda DIY dan Pemkab Bantul serta LHP Kinerja Pajak, Hotel , Restoran dan Reklame Kota Yogyakarta

27/12/2013 – 13:40

DSC_2943Pada tanggal 24 Desember 2013, bertempat diruang Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi DIY, Kepala Perwakilan, Sunarto menyerahkan LHP atas Kinerja  Aparat Pengawas Intern Daerah (APIP) kepada masing-masing Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana dan Ketua DPRD Bantul Tustiyani.

Inspektorat Pemerintah Daerah merupakan salah satu Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang memegang peranan penting untuk mengawal penggunaan Keuangan Daerah agar transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu pada semester II Tahun 2013, BPK RI Perwakilan Provinsi DIY melakukan pemeriksaan kinerja atas efektifitas kegiatan audit dan reviu laporan keuangan oleh APIP pada Inspektorat DIY dan Inspektorat Kabupaten Bantul. Tim Pemeriksa BPK untuk Inspektorat DIY dipimpin oleh Wijayanti, sedangkan untuk Inspektorat Kabupaten Bantul dipimpin oleh Tommy Tampubolon.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul Sri Surya Widati, Sekretaris Daerah DIY Ichsanuri, Inspektur DIY Moedji Rahardjo, Inspektur Kabupaten Bantul Bambang PN dan beberapa pejabat struktural dari Pemda DIY dan Pemkab Bantul.
Bertempat di hari dan ruang yang sama, dilakukan pula penyerahan LHP kinerja atas Pengelolaan Pajak Hotel, Restoran dan Reklame (PHRR) pada Pemerintah Kota Yogyakarta. Pemeriksaan kinerja atas PHRR tersebut merupakan pemeriksaan tematik dari Kantor Pusat yang diselenggarakan serentak di hampir semua Perwakilan BPK RI.

Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk menghasilkan rekomendasi dalam rangka peningkatan kinerja pengelolaan PHRR di Kota Yogyakarta, yang secara spesifik diarahkan untuk menilai kecukupan empat aspek utama yang berperan penting dalam mendukung efektivitas pengelolaan PHRR. Keempat aspek utama tersebut adalah aspek kelembagaan dan sumberdaya; aspek perhitungan potensi pajak dan rencana optimalisasi penerimaan pajak; aspek kegiatan pemungutan pajak; serta aspek monitoring dan evaluasi pengelolaan pajak. Walaupun secara umum pengelolaan PHRR di Kota Yogyakarta sudah baik, tetapi dalam pemeriksaan yang dipimpin oleh Budi Raharjo  tersebut masih terdapat beberapa hal yang harus dibenahi.

LHP kinerja atas PHRR tersebut diserahkan oleh Kepala Perwakilan Sunarto kepada Ketua DPRD Kota Yogyakarta Kadri Renggono. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Asisten III Kota Yogyakarta MK Pontjosiwi, Kepala Inspektorat Kota Yogyakarta Wahyu Widayat serta beberapa pejabat struktural dari Pemkot Yogyakarta.