Penyerahan LHP Manajemen Aset Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo

28/11/2013 – 13:32

DSC_2333Pada tanggal 26 November 2013, di ruang Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi DIY, Kepala Perwakilan  Sunarto menyerahkan LHP atas manajemen aset kepada DPRD masing-masing entitas dan Pemda.

Manajemen aset merupakan salah satu komponen dalam pengelolaan keuangan daerah  yang mendapatkan poin penting dalam proses pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Manajemen aset yang kurang baik sering kali menjadi temuan yang menghambat Pemerintah Daerah untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Untuk mengetahui apakah proses pengelolaan aset baik berwujud maupun tidak berwujud yang memiliki nilai ekonomis telah dilaksanakan secara efektif dan efisien, BPK RI Perwakilan Provinsi DIY telah melaksanakan Pemeriksaan atas Manajemen Aset pada dua entitas yaitu Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Dalam Pemeriksaan Manajemen Aset Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin oleh Sugeng Sudiantoro, diperoleh beberapa catatan yang diharapkan dapat segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Kulon Progo. Begitu pula halnya dengan Kota Yogyakarta. Walaupun Kota Yogyakarta telah meraih opini WTP, tetapi masih juga ditemukan catatan – catatan oleh Tim Pemeriksa yang dipimpin oleh Krisnanto.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono, Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo, Kepala Inspektorat Kota Yogyakarta Wahyu Widayat dan Kepala Inspektorat Kabupaten Kulon Progo Arif Sudarmanto.