ASEANSAI Workshop on Quality Assurance in Financial Audit (QAFA)

04/12/2012 – 07:20

                Yogyakarta kembali menjadi tuan rumah untuk salah satu acara international BPK yaitu  Workshop on Quality Assurance in Financial Audit (QAFA). Workshop ini merupakan kegiatan pelatihan pertama yang diselenggarakan oleh Komite Training ASEANSAI sejak ASEANSAI didirikan pada 2011.

                Acara tersebut ini dibuka oleh Ketua BPK Hadi Poernomo pada tanggal 3 Desember 2012. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan dari workshop yang berlangsung selama 6 hari tersebut adalah untuk mengembangkan kapasitas di bidang Quality Assurance pada pemeriksaan Keuangan yang mana harus sesuai dengan standard dan peraturan yang berlaku.

  Hadir pula dalam acara pembukaan tersebut Ketua Badan Pemeriksa Filipina yang juga sebagai Ketua Komite Training ASEANSAI Maria Gracia M Pulido-Tan, Anggota BPK Sapto Amal Damandari, Sekretaris Jenderal BPK Hendar Ristriawan, Inspektur Utama BPK Mahendro Sumardjo, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi DIY Sunarto, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Tengah Bambang Adi Putranto, para pejabat di lingkungan BPK Pusat dan Perwakilan DIY, serta para peserta workshop dari 10 negara anggota ASEANSAI .

  Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal BPK yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat ASEANSAI melaporkan bahwa tema utama dalam workshop ini adalah quality assurance dalam pemeriksaan keuangan. Bidang tersebut menjadi prioritas pertama dari kebutuhan pelatihan yang ditentukan oleh Komite Training ASEANSAI. Instruktur dan fasilitator dari workshop yang diikuti oleh 23 peserta ini berjumlah enam orang dari Badan Pemeriksa Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

  Maria Gracia M Pulido-Tan juga memaparkan program yang telah dan akan dilakukan oleh Komite Training ASEANSAI yaitu meliputi quality assurance, risk based financial audit, evaluation of internal control, audit of procurement, fraud investigative and legal evidence, serta performance audit. Bidang pelatihan tersebut rencananya akan berlangsung pada 2013 sampai 2015 mendatang.