Kota Yogya sepakat Juknis e-Audit

19/10/2012 – 16:29

                 Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi DIY Sunarto  menyerahkan Juknis untuk akses data (e-Audit) kepada Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono pada hari jum’at tanggal 19 Oktober 2012 di Ruang Utama Bawah Kantor Balaikota Jogja, Timoho.

                Juknis akses data tersebut merupakan pedoman teknis untuk melakukan akses data secara elektronik dan menandai secara resmi bahwa telah dilakukan proses linking antara sistem di Pemkot Yogyakarta dengan BPK RI. Dalam Juknis tersebut diatur mengenai infrastruktur akses data, aplikasi yang digunakan, jenis – jenis data yang dibutuhkan, keamanan data dan beberapa hal teknis lainnya.

“e-Audit ini tidak akan mengubah proses audit BPK. Jika sebelumnya data diminta BPK saat terjun ke lapangan, sekarang auditor BPK dapat memperoleh data secara elektronik sebelum proses audit sehingga audit akan lebih focus dan efektif” papar Sunarto dalam sambutannya. Sunarto juga menjelaskan jika e-audit sudah berjalan sepenuhnya maka Pemkot juga akan memperoleh keuntungan dengan mengetahui lebih dini apabila ada hal – hal yang belum sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Wakil Walikota Yogyakarta menyambut dengan antusias perkembangan ini. “Kita memang harus lebih peduli dengan IT agar semua lebih transparan”, demikian sambutnya. Wawali juga berharap dengan adanya e-audit yang berbasiskan IT dapat memacu semangat para pegawai di Pemkot untuk bekerja lebih maksimal lagi sehingga predikat WTP yang sudah diraih dapat terus dipertahankan.