Kab. Kulon Progo Tanda Tangan Juknis e-Audit

19/10/2012 – 10:26

                 Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo  dan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi DIY Sunarto  menandatangani Keputusan Bersama tentang Penyusunan Petunjuk Teknis (Juknis) untuk akses data (e-Audit) pada tanggal 18 Oktober 2012 di Ruang Rapat Bupati Kulon Progo. Juknis e-Audit ini merupakan kelanjutan dari Kesepakatan Bersama (MoU) e-Audit yang telah ditandatangani antara BPK RI dengan Pemerintah daerah se-Provinsi DIY pada tanggal 5 Mei 2011.

“Pemeriksaan nantinya akan lebih efisien dan efektif karena data dapat diperoleh lebih dini” kata Sunarto pada saat memberi penjelasan mengenai e-Audit. Kalan juga menyampaikan bahwa draft yang telah ditandatangani tersebut saat ini merupakan yang terbaik tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan perubahan seiring dengan perkembangan IT baik di BPK RI maupun di Pemerintah Daerah.

Bupati Kulon Progo menyambut e-Audit ini dengan antusias. “Spirit e-Audit adalah spirit untuk cegah pangkal dini dan semoga bisa menjadi senjata pamungkas untuk WTP” sambutnya. Untuk saat ini Kabupaten Kulon Progo menggunakan Aplikasi SIMDA dari BPKP untuk mengelola laporan keuangannya .  Bupati juga berharap bahwa dengan e-Audit ini maka BPK RI dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dapat bersama – sama untuk menjalankan pemerintahan yang sebaik – baiknya dan sebersih – bersihnya.