Provinsi DIY tanda tangan Juknis Akses Data

12/10/2012 – 16:45

Sebagai tindak lanjut dari Penandatanganan Mou tentang Akses Data secara elektronik (e-Audit) yang telah dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2011, pagi hari ini jumat  12 Oktober 2012, bertempat di Gedung Wilis, Kepatihan dilakukan penandatanganan Keputusan Bersama mengenai Juknis Akses Data oleh Gubernur DIY, Hamengkubuwono X dan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi DIY, Sunarto.

Dalam kesempatan tersebut Sunarto menyampaikan bahwa setelah dilakukan IT Assesment oleh Tim e-Audit BPK, saat ini data dari aplikasi SIPKD (Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah) di Provinsi DIY telah terhubung (linking) dengan pusat data BPK. Dengan adanya Juknis ini maka telah diatur prosedur koneksi data, jenis data yang akan diambil, prosedur pengambilan data dan hal – hal lain yang bersifat teknis.

Sri Sultan menyambut dengan antusias perkembangan ini. Dengan adanya sistem e-Audit ini beliau berharap dapat memacu kedua belah pihak untuk terus mengembangkan dan memperkuat IT masing – masing karena di era keterbukaan ini IT sangat berperan untuk menunjang tata kelola pemerintahan khusunya pengelolaan keuangan daerah agar lebih transparans dan akuntabel.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekda DIY Ichsanuri, Kepala DPPKAD Bambang Wisnu Hanoyo serta para pejabat struktural BPK RI Perwakilan Provinsi DIY diantaranya adalah Kepala Sekretariat Sigit Hermawan, Kepala Sub Auditorat Eko Yulianto, Kasubag SDM, Hukum & Humas Sandra Nursantie dan Kasubag Set Kalan Suprihatihah.