Rakornis BPK RI Wilayah Barat dan Timur

20/07/2012 – 14:44

BPK RI Perwakilan Provinsi DIY kembali menjadi tuan rumah untuk acara Rakornis BPK RI Perwakilan Wilayah Barat dan Timur yang berlangsung di Hotel Royal Ambarrukmo pada tanggal 16 – 18 Juli 2012.  Dengan tema “Melalui Rakornis, kita wujudkan harmonisasi komitmen dan kinerja untuk percepatan terwujudnya Renstra BPK”, Rakornis ini dibuka oleh Ketua BPK RI, Hadi Purnomo yang didampingi oleh Anggota V, Sapto Amal Damandari, Sekretaris Jenderal Hendar Ristriawan, Staf Ahli dan Tenaga Ahli BPK Prawito. Dalam sambutannya Ketua menyampaikan bahwa salah satu cara untuk menciptakan harmonisasi adalah dengan  cinta BPK yang diwujudkan dengan kesadaran dan kepedulian akan hak dan kewajiban BPK seperti yang tertuang dalam UUD 1945 Pasal 23 e, f dan g.

Ketua juga menyoroti mengenai pemberitaan – pemberitaan di media massa yang menyatakan bahwa opini WTP yang diberikan oleh BPK terhadap hasil pemeriksaan suatu lembaga/instansi tidak menjamin bahwa lembaga/instansi tersebut bebas dari korupsi. Pegawai BPK harus peduli terhadap pencitraan BPK yang mana pegawai BPK harus bisa menjelaskan bahwa BPK memeriksa segala sesuatunya berdasarkan SAP, mengambil datanya secara sampling dan opini yang diberikan BPK bukan “benar” tetapi “wajar”.

BPK juga selalu melakukan sinergi dengan media massa untuk bisa masuk dan memberikan klarifikasi terhadap pemberitaan negatif atas BPK. Diharapkan kedepannya dapat dibentuk suatu tim yang bertindak sebagai juru bicara yang bisa menjelaskan tentang hak dan kewajiban BPK.