Kantor Perwakilan BPK Aktif Berantas KKN dan mendorong Akuntabilitas Keuangan Daerah

08/11/2010 – 16:27

Yogyakarta (14 Oktober 2010), BPK RI Perwakilan Provinsi DIY adakan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan (Kalan). Sunarto, SE diangkat menjadi Kepala Perwakilan menggantikan Bambang Adi Putranta, SH.,MSi yang baru enam bulan menjabat Kalan DIY. Sesuai dengan Keputusan Sekretaris Jenderal BPK RI Nomor 214/K/X-X.3/09/2010 tentang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Struktural Eselon II, BAP demikian Kalan lama sering disebut, didaulat untuk menjadi Kalan Perwakilan Jawa Tengah, sedangkan penggantinya, Sunarto sebelumnya telah menjabat sebagai Kepala Auditorat IV.B pada Auditorat Keuangan Negara IV.

Acara serah terima jabatan  ini merupakan satu rangkaian dengan acara pelantikan dan pengambilan sumpah serta serah terima yang telah dilakukan secara simbolis pada tanggal 24 September 2010 di BPK RI Pusat.” Demikian penjelasan Kepala Direktorat Utama Binbangkum, Hendar Ristriawan mengawali kata sambutannya. Lebih lanjut ia menegaskan bahwa rotasi jabatan (mutasi/promosi) adalah hal biasa dan dibutuhkan untuk penyegaran organisasi serta meningkatkan profesionalisme. Selain itu, rotasi jabatan ini merupakan bagian dari sistem pengendalian intern yang selalu dibangun oleh BPK.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Gubernur DIY dan Bupati/Walikota se-DIY tersebut, Hendar Ristriawan juga mengingatkan kembali bahwa saat ini, BPK telah memiliki 33 Kantor Perwakilan di seluruh Indonesia, sehingga selain mendekatkan BPK dengan obyek pemeriksaannya, diharapkan juga pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara/Daerah berjalan lebih efektif. BPK memikul amanat dan harapan yang besar untuk berperan aktif dan bertindak profesional dalam mendukung upaya Pemerintah memberantas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan mendorong Pemerintah Pusat maupun Daerah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan Negara/Daerah.

Acara serah terima jabatan dilanjutkan dengan pisah sambut pejabat struktural di lingkungan Perwakilan DIY. Wahyu Priyono, SE yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi DIY I dipromosikan untuk menduduki Kepala Sub Auditorat Perwakilan Nusa Tenggara Barat. Selain itu, Kepala Seksi DIY II, Riyanto, SE.,Ak dipercaya untuk menduduki Kepala Seksi Perwakilan Jawa Barat. Kemudian Kasubbag Sekretariat Kalan, Anik Rahayu P, SE.,Ak dirotasi menjadi Kasubbag SDM Perwakilan DKI Jakarta.