KENDARAAN OPERASIONAL

Setelah membagikan 41 unit sepeda motor kepada semua kantor kecamatan dan beberapa organisasi perangkat desa (OPD) Bantul, kini giliran tujuh OPD lain yang menerima pemberian mobil dinas.

  • Nilai masing-masing mobil dinas baru mencapai Rp210 juta.
  • Mobil lama yang ditarik nantinya dilelang bersamaan dengan sepeda motor dinas yang sudah ditarik sebelumnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKA) Bantul Trisna Manurung mengatakan pengadaan ketujuh mobil itu, kata dia, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bantul dengan nilai total mencapai Rp1,5 miliar.

“Ada tujuh mobil dinas yang diserahkan. Mobil yang lama kami Tarik semua. Nilai per unitnya sekitar Rp210 juta,” kata dia seusai seremonial serah terima mobil dinas di teras Gedung Induk Parasamya, Selasa (26/3).

INSTANSI DI BANTUL YANG MENERIMA MOBIL BARU

  • Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).
  • Dinas Perdagangan.
  • Dinas Lingkungan Hidup (DLH).
  • Dinas Pariwisata.
  • Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perindustrian.
  • Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT).
  • Dinas Pertahanan dan Tata Ruang.

Sumber: Pemkab Bantul

Penggantian mobil itu, kata Trisna, telah masuk dalam rencana kebutuhan barang milik negara (RKBMN). Kebutuhan akan kendaraan dinas ini pun dilakukan secara bertahap, karena memakan biaya yang tinggi, sehingga belum semua kebutuhan OPD dapat terpenuhi.

“Masih banyak OPD yang membutuhkan. Maka tiap tahun mengadakan (pemberian kendaraan) secara bertahap, tidak langsung bareng, belinya satu-satu karena mahal juga. Tahun ini kebutuhan banyak, tapi enggak semua RKBMD di-cover. Keuangan daerah belum bisa mengcover,” ujar dia.

Pemberian kendaraan dinas ini juga melihat dari OPD yang memiliki beban kerja tinggi. Selain itu juga sesuai aturan perbup tentang standar sarana prasarana barang milik daerah. “Ada di perbup tentang standar sarana prasarana barang milik daerah,” katanya.

Trisna menambahkan biaya operasional dan perawatan mobil lama sudah cukup tinggi. Untuk itu Pemkab bakal melelang mobil-mobil itu.

“Lelang mobil itu akan dilakukan bersamaan dengan kendaraan dinas yang lain yang sudah tidak dipakai, termasuk kendaraan roda dua. Lelang akan diadakan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL),” kata Trisna.

Bupati Kabupaten Bantul, Suharsono menyampaikan bahwa dengan diserahkannya kendaraan dinas ini kinerja para OPD semakin membaik dan tugas-tugas kedinasan mampu diselesaikan secara cepat dan tepat waktu. “Semoga mobil ini dimanfaatkan dengan baik demi tugas-tugas kedinasan, selain itu saya harapkan untuk para OPD yang menerima kendaraan dinas mau merawat dan juga menjaga kendaraan tersebut agar mampu untuk jangka lama,” katanya.

Selengkapnya: Tautan