Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menyiapkan anggaran Rp65 miliar untuk memperlebar jalur Pleret-Dlingo. Pelebaran jalan yang sering disebut jalur Cinomati itu dilakukan untuk memperlancar akses wisatawan menuju sejumlah objek wisata di sekitar Kecamatan Dlingo dan menumbuhkan perekonomian warga sekitar jalur tersebut.

Ujang Hasanudin

  • Dari hasil kajian sementara, total kebutuhan anggaran pelebaran jalur Cinomati sekitar Rp65 miliar.
  • Jalur Cinomati penting untuk dilebarkan sekaligus diperbaiki karena jalur tersebut mulai ramai dilalui wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kecamatan Dlingo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis, mengatakan pelebaran jalan akan dilakukan secara bertahap dan dimulai tahun ini. Pembangunan dilakukan bertahap mengingat besarnya kebutuhan dana yang dibutuhkan. Dari hasil kajian sementara, menurut Helmi, total kebutuhan anggaran pelebaran jalur Cinomati sekitar Rp65 miliar.

Dana tersebut sebagian untuk pembebasan lahan sekitar 42.267 meter persegi di sepanjang jalur Cinomati yang akan dilebarkan. Sebagian lainnya untuk konstruksi jalan.

Bedah Cinomati…

Ada tiga ruas jalan yang dilebarkan di jalur tersebut, yakni ruas Bawuran-Wonolelo sepanjang 1.775 meter, Piyungan Wonolelo sepanjang 1.225 meter dan ruas Terong-Wonolelo sepanjang 2.659 meter.

“Kami targetkan pelebaran selesai dalam waktu tiga tahun. Tahun ini kami anggarkan Rp4 miliar untuk perencanaan dan penyusunan dokumen serta pembebasan lahan,” kata Helmi seusai mengikuti rapat koordinasi dengan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bantul terkait dengan rencana pelebaran jalur Cinomati di ruang Bupati Bantul, Rabu (6/1).

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Bantul, Eko Budi Santoso, mengatakan saat ini jajarannya masih melakukan kajian terkait dengan kebutuhan lahan yang akan dibebaskan. “Pelebaran jalan ini perlu dilakukan step by step,” kata Eko.

Terbukti hampir tiap liburan panjang banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak di Cinomati. Tiap liburan, polisi dan sejumlah sukarelawan dikerahkan untuk menajga jalur tersebut dan membantu mengevakuasi kendaraan yang tidak kuat menanjak. Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan menyambut baik rencana pelebaran jalur Cinomati, “Saya sangat setuju,” ujar Sahat, Rabu.

Selengkapnya: Tautan