BPK Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan  Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja T.A 2018 Pada  Pemerintah Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul di Kantor BPK Perwakilan D.I Yogyakarta hari Jumat (21/12/18).

Penyerahan LHP atas Kinerja ini diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK D.I Yogyakarta, Yusnadewi. Dalam pidatonya Yusnadewi menyampaikan “Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004, telah melakukan Pemeriksaan Kinerja pada empat entitas yaitu :

  1. Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu Pemeriksaan Kinerja pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan atas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tahun Anggaran 2017 dan Semester I Tahun 2018;
  2. Pemerintah Kabupaten Sleman yaitu Pemeriksaan Kinerja atas Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2015 s.d Semester I Tahun 2018;
  3. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yaitu Pemeriksaan Kinerja atas Pengelolaan Sumber Daya Kesehatan dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2017 dan Semester I Tahun 2018; serta
  4. Pemerintah Kabupaten Bantul yaitu Pemeriksaan Kinerja atas Pendanaan Peserta Didik dalam rangka Meningkatkan Wajib Belajar 12 Tahun, Tahun Anggaran 2015 s.d 2018 (Semester I).

Tujuan pemeriksaan kinerja ini untuk menilai Efektivitas pelayanan perizinan pada DPMP Kota Yogyakarta, efektivitas pembinaan dan pengawasan atas pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman, efektivitas pengelolaan sarana, prasarana dan alat kesehatan serta dokter dan tenaga kesehatan pada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam rangka mendukung penyelenggaraan program JKN, efektivitas Pemerintah Kabupaten Bantul dalam pengelolaan pendanaan pendidikan bagi peserta didik melalui BOS dan PIP serta program pendanaan pendidikan sejenis lainnya (BOP dan Beasiswa Kartu Cerdas) dalam rangka mewujudkan terselenggaranya Wajib Belajar 12 Tahun.”

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo dalam sambutannya mewakilan para kepala daerah yang hadir menyampaikan ”Dengan adanya audit kinerja ini, hemdaknya permasalahan-permasalahan yang dihadapi daerah dalam pencapain kinerja yang lebih baik dapat disampaikan oleh BPK ke Pemerintah Pusat, sehingga diperoleh solusiyang cepat dan tepat untuk mengatasi beberapa permasalahan”. Selanjutnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman, Sofyan Setyo Darmawan mewakili para Ketua DPRD yang hadir menyampaikan “Dalam melaksanakan semua tugas-tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negarahendaknya selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga dapat dihindari hal-hal yang tidak kita harapkan”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para sekretaris daerah beserta jajarannya pada Pemerintah Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul.