SELAMA kurun waktu tujuh tahun (2012-2018) duet kepemimpinan dr Hasto Wardoyo – Drs Sutedjo mampu membuktikan bahwa Kabupaten Kulonprogo patut diperhitungkan prestasinya baik di tataran nasional bahkan internasional. Terbukti hampir 90 tanda jasa dan penghargaan yang telah diraih. Pada periode-periode awal menjabat Bupati Kulonprogo, 2012, dr Hasto langsung menunjukkan prestasi diantaranya mendapat penghargaan dari Mendagri dalam bidang Komitmen dan Keberhasilan dalam Penyelenggaraan Pelayanan Penerapan e-KTP. Juga penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM sebagai Penggiat One Village One Product (OVOP). Bupati Hasto sukses mengembangkan produk unggulan desa dengan pendekatan OVOP.

Selanjutnya penghargaan Pengelola Akuntabilitas Keuangan Pemda Nomor Satu Terbaik Nasional dari Forum Indonesia untuk Transparansi (FITRA). Demikian juga di 2018, Gubernur DIY mewakili Panitia Bulan Pancasila menyerahkan penghargaan Pencegahan Perkawinan Anak Terbaik 2018 kepada dr Hasto Wardoyo.

Dari sisi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, Pemkab Kulonprogo telah meraih prestasi yang prestisius. Kabupaten Kulonprogo meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI lima tahun berturut-turut. Sebelumnya kabupaten ini sama sekali belum pernah meraih Opini WTP.

“Alhamdulillah kita bersyukur, mencapai WTP, mulai 2013, 2014, 2015, 2016, 2017. Tahun 2013 adalah WTP pertama kali, sebelumnya belum pernah capai WTP,” kata Hasto.

Khusus Opini WTP yang merupakan Hasil Pemeriksaan atas Laporan KeuanganPemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kulonprogo Tahun 2017 atau WTP kelima kalinya bagi Kulonprogo diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan DIY, Yusnadewi di Kantor BPK setempat.

Disinggung tentang penghargaan terhadap implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2017, Riyadi Sunarto mengungkapkan, KemenPAN RB RI juga memberikan predikit “BB”. “Kulonprogo termasuk 11 kabupaten yang meraih nilai BB ke atas,” tuturnya.

Kemudian untuk Hasil Evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi oleh KemenPAN RB, Kulonprogo juga mendapat kategori `BB` dengan nilai 70,21. Hal tersebut juga meningkat dari tahun sebelumnya (2016) yang nilainya 64,69. Kemudian penghargaan di Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dari BPKB Level 3 atau Predikat Teridentifikasi dengan nilai 3,2.

Selengkapnya: Tautan