Hal ini disampaikan oleh Ketua BPK RI, Moermahadi Soerja Djanegara dalam pidato upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 (17/8/2018) yang dibacakan Kepala Perwakilan D.I Yogyakarta di halaman Kantor Perwakilan D.I Yogyakarta.

“Di usia yang ke-73 ini, negara kita dihadapkan pada berbagai tantangan yang tidak ringan. BPK sebagai lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara harus mengambil peran strategis untuk mengisi kemerdekaan ini. BPK berperan penting untuk memastikan program-program prioritas pembangunan nasional telah direncanakan, dilaksanakan, dan dilaporkan secara transparan, akuntabel, ekonomis, efisien, dan efektif.

Begitu besarnya harapan negara dan rakyat kepada BPK, sepantasnyalah hal tersebut menjadi dorongan yang kuat bagi kita untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan memberikan kemampuan terbaik dalam rangka mendorong tercapainya tujuan negara, melalui tugas pemeriksaan kita yang berkualitas dan bermanfaat.

Dalam pemeriksaan keuangan, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2017. Opini WTP menjadi salah satu indikator penting pengelolaan keuangan negara yang baik. Perbaikan kualitas akuntabilitas pemerintah pusat dan daerah saat ini tidak lepas dari peran kita melalui rekomendasi perbaikan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Di dunia internasional, BPK kembali terpilih sebagai pemeriksa eksternal International Atomic Energy Agency (IAEA) untuk periode 2017-2019 dan sebagai anggota panel external auditor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas sebagai lembaga pemeriksa untuk badan-badan dalam komunitas PBB. BPK juga terlibat dalam pemeriksaan Sustainable Development Goals (SDGs) di lingkungan organisasi BPK sedunia. Keaktifan BPK di dunia Internasional adalah bagian dari peningkatan kapabilitas pemeriksa dan menunjukan kemampuan anak bangsa dalam pemeriksaan lembaga internasional.”

Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tersebut diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Perwakilan BPK D.I Yogyakarta dan Balai Diklat PKN. Pada kesempatan itu diberikan juga piagam penghargaan Satya Lencana karya Satya X, XX, XXX tahun bagi pegawai yang telah mengabdi pada BPK RI.