Biro Teknologi Informasi (TI) BPK RI melaksanakan Bimbingan Teknis Pendampingan Input e-KKP Pemeriksaan LKPD TA 2017 ke Aplikasi SiAP Versi 9.3 pada BPK Perwakilan D.I Yogyakarta tanggal 13 s.d 16 Agustus 2018.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Sub Auditorat, Nur Miftahul lail, “Dengan aplikasi Siap LKPD ini menjadi momentum bagi Perwakilan D.I Yogyakarta, untuk lebih meningkatkan kualitas LHP. Dalam LKPD Tahun 2018, kita targetkan semua entitas di wilayah D.I Yogyakarta, kabupaten/kota Se- D.I Yogyakarta akan menerapkan aplikasi siap LKPD” sambutnya. Target pendampingan adalah agar seluruh prosedur pemeriksaan telah terisi (100%), seluruh KKP indeks A, B, dan C sudah di upload di SiAP (100%) dan review berjenjang. Pemateri dari Biro TI, Poerwandy Arifin selaku Kasubbag Pengembangan Aplikasi Pemeriksaan mengatakan, “Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SiAP) adalah sistem yang mendokumentasikan kertas kerja pemeriksaan (KKP) secara elektronis dan sistematis yang  terintegrasi, terpusat dan terjaga keamanannya serta didukung oleh metodologi pemeriksaan yang memadai”.

Roadmap Siap meliputi:  Perencanaan yaitu Fitur Paket Pemeriksaan (Menu dan Prosedur) untuk Pemeriksaan Kinerja dan PDTT, Modul Risk Based Audit, Modul penentuan matrialitas,Peningkatan kapasitas modul analisa data (advanced data analytic). Pelaksanaan yaitu Penambahan dan pengayaan  template langkah pengujian pemeriksaan yang lebih detail dan terstandarisasi, Optimalisasi proses review (QC/QA). Pelaporan yaitu Pengayaan Modul temuan pemeriksaan, dimana temuan tidak berbasiskan file container namun sudah berbasiskan kolaborasi tim, dimana akan terintegrasi dengan SMP dan modul konsolidasi LKPP/PD, Data KKP akan secara otomatis terhapus disetiap perangkat laptop tim ketika seluruh data KKP Tim telah tersinkronisasi ke Server SiAP Pusat.

Implementasi SiAP LK, Pemeriksaan Kinerja dan PDTT Akan dimanfaatkan secara bertahap oleh seluruh tim pemeriksa BPK hingga Tahun 2019. Pelatihan pemanfaatan aplikasi SiAP untuk seluruh Pemeriksan BPK secara bertahap, yang akan disesuaikan dengan jenis pemeriksaan dan peran. Biro TI akan melakukan pendampingan terhadap tim yang akan melakukan implementasi SiAP. Pemanfaatan aplikasi SiAP akan dimasukkan dalam kurikulum diklat pemeriksa.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula 16 buah laptop untuk mendukung pelaksanaan SiAP dalam melakukan pemeriksaan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pemeriksa BPK Perwakilan D.I Yogyakarta.